Cara Mendeteksi Malware Pada Perangkat Komputer Atau Laptop


Tips Cara Mendeteksi Malware di Laptop | Virus adalah salah satu gangguan yang cukup berbahaya bagi laptop ataupun PC. Virus bisa menghambat kinerja laptop Anda dengan mencuri atau merusak data di dalamnya. Hal ini pastinya sangat merugikan. 

Virus komputer mempunyai beberapa jenis, salah satunya malware, spyware, trojan dan lain sebagainya. Oleh karena iru anda membutuhkan trik-trik khusus supaya bisa mendeteksi keberadaan malware tersebut. Lalu apa saja cara untuk membantu Anda mencegah atau mengatasi virus yang menyerang laptop. Yuk simak artikel ini sampai akhir. 

Tips Cara Mendeteksi Malware di Laptop dan Komputer 


Malware, merupakan salah satu virus komputer yang cukup berbahaya. Virus ini adalah sebuah program yang sengaja dibuat untuk merusak, menghapus, mencuri ataupun menduplikat data. Virus juga bisa menyedot banyak daya laptop. 

Oleh karena itu, laptop yang terserang virus akan mengalami gangguan pada baterai. Anda bisa mengetahui keberadaan virus dalam sebuah laptop dengan melihat tanda-tanda berikut: 
  1. Adanya informasi atau gambar aneh yang tiba-tiba muncul di desktop saat digunakan. 
  2. Ada software yang tiba-tiba jalan sendiri. 
  3. Tidak dapat membuka software tertentu. 
  4. CD atau DVD RW keluar sendiri tanpa sebab. 
  5. Tidak dapat masuk OS. 
  6. OS pada laptop kerap freeze atau crash. 
  7. Laptop kerap mendadak mati sendiri. 
  8. Software loading nya sangat lemot atau tak dapat dijalankan sama sekali. 
  9. Ada beberapa data file yang hilang atau modifikasi sendiri. 
  10. Tiba-tiba software melakukan akses internet tanpa sebab, dan jika diizinkan akan menyedot kuota internet yang sangat besar. 
  11. LED hard disk berkedip dengan cepat secara terus-menerus. 
Bila Anda merasakan salah satu ciri di atas muncul, kemungkinan malware telah menyerang laptop Anda. Tetapi untuk memastikannya lebih jauh admin akan memberikan beberapa tips untuk mendeteksinya, antara lain: 
  • Identifikasi kalau OS laptop Anda benar-benar lemot untuk memproses sebuah software, bila iya, bisa dipastikan laptop Anda terinfeksi malware. 
  • Perhatikan apakah ada plugin yang aneh di browser Anda. 
  • Ciri-ciri umum biasanya speed internet akan berkurang bila laptop terserang malware. Cobalah untuk mengakses situs ringan Google untuk memastikannya. 
  • Pastikanlah tidak menginstal software lain saat menginstalasi software tertentu. 
  • Laptop yang telah overload karena malware akan mengakibatkan hang atau freeze. Ciri ini dapat di identifikasi pada laptop Anda. 
  • Periksalah pemakaian RAM Anda dengan cara membuka Task Manager (Ctrl+Alt+Del). Dari sini Anda bisa memantau pemakaian RAM oleh software anda. Kalau ada software yang memakan RAM secara berlebihan, ini merupakan salah satu tanda terkena malware. 
  • Pasanglah antivirus yang dapat membantu anda mendeteksi malware. Jenis antivirus ini ada yang free dan ada juga yang bayar. 
Dari beberapa Tips Cara Mendeteksi Malware di Laptop di atas Anda bisa memilih salah satunya saja guna memastikan kondisi laptop dalam keadaan aman atau tidak. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Mendeteksi Malware Pada Perangkat Komputer Atau Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel